RSS

Karena Perjuangan Akan Terus Berlanjut


Bismillahirrahmaanirrahiim....
AssaLamu'aLaykum.... ^^
Alhamdulillah, hari ini bisa ngeblog lagi. Singgah bentar di blog cuma mau cerita dikit. Bener-bener merasa bersyukur apa yang sudah Allah berikan buat aku. Sekali lagi alhamdulillah yaa Allah...
Ga kerasa ternyata sekarang aku sudah masuk di semester 6 akhir, insya Allah sehabis Ramadhan, aku masuk semester 7 (aamiin...). Banyak yang sudah dilalui, suka dukanya jadi mahasiswa kedokteran. Jadi ingat waktu aku dan Ega punya cita-cita jadi dokter, sampai SMA cita-cita kami ga pernah berubah. Pasti senang ya ? Iya alhamdulillah senang, tapi menjalaninya ternyata ga semudah yang dikira. Tugas tiap hari, laporan mingguan ditulis tangan, seminggu tiga kali membahas kasus penyakit dalam kelompok kecil atau yang kami sebut tutorial, tiap hari senin ada ujian mingguan, tiap bulan juga ujian akhir blok, dan hampir seminggu sampai dua minggu sekali pasti ada jurnal reading atau membahas jurnal kedokteran. Alhamdulillah, semoga semua yang sudah dijalani ini bermanfaat untuk bekal menjadi dokter yang bermanfaat untuk ummat.
Capek jelas ! Tapi ga boleh nyerah ! Karena perjuangan akan terus berlanjut. Dan sekarang sudah waktunya menyicil tugas akhir atau skripsi. Kemarin sudah mengajukan kelompok penelitian ke kampus, alhamdulillah yaa Allah, langkah awal sudah diterima profesor untuk melaksanakan penelitian. Kelompok kami kelompok pertama yang mengajukan penelitian di angkatan kami, 2008. Kami akan meneliti efek daun sirsak pada komplikasi Diabetes Melitus (DM) tipe 1 pada tikus. Kelompok kami ada 14 orang, yaitu Meta, Gusti, Icha, Rika, Oceana, Aksi, Novi, Boy, Rangga, Kak Dede, Didit, Huda, Dimas, dan Hakim. Kelompok ini diketuai sama Gusti. Walaupun dalam bentuk kelnmpok, tetapi penelitian ini dilakukan secara individu karena untuk tugas akhir masing-masing dan juga karena komplikasi DM itu sangat banyak maka tiap orang meneliti satu komplikasi. Aku sendiri dapat Retinopati, di mana akan meneliti jumlah pembuluh darah retina setelah tikus diberi ekstrak daun sirsak. Retinopati ini salah satu request dari profesor sendiri. Hiks ! Susah banget ! Bukannya ngeluh, tapi ternyata Retinopati kan munculnya setelah 5-10 tahun pasien penderita DM. Nah ini, masa' aku nunggu tikusnya biar jadi Retinopati sampai bertahun-tahun. Haaiish ! Skripsiku nanti gimana tuu. Insya Allah jadinya rencananya mau konsul lagi sama dokter pembimbing gimana baiknya. Semoga Allah meluaskan jalanku untuk menjalankannya. Doakan semoga lancar yaa... Aamiin yaa Allah.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 weLcOme aT hOme !. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy